Rabu, 12 Oktober 2016

Keistimewaan Lebah dan Produknya

Keistimewaan Lebah dan Produknya
Saat ini madu sudah mendunia dan familiar di telinga orang awam, banyak manfaat yang terdapat dalam madu ini, secara umum madu dikenal sebagai obat herbal beberapa penyakit. Lebah merupakan serangga yang paling istimewa dibanding dengan serangga lainnya, Tak heran jika lebah dijadikan salah satu nama surat dalam Alquran.

Surat ke-16 dalam Alquran An Nahl yang berarti lebah.  Secara khusus, surat  Makkiyah tersebut dinamakan An Nahl atau lebah, karena pada ayat ke-68 terdafat firman Allah SWT yang berbunyi, ''Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.''

Dalam Al-qr'an juga diterangkan lagi manfaat madu ini dalam surat An-nahl ayat 69 yang berbunyi
“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

Berdasarkan surat An-Nahl yat 69 tersebut, dijelaskan bahwa bahan yang keluar dari perut lebah dengan bermacam-macam warnanya dapat menjadi penyembuh bagi manusia. Pada ayat tersebut tidak dijelaskan mengenai obat untuk penyakit tertentu. Akan tetapi, fakta dilapangan telah membuktikan bahwa produk perlebahan terutama propolis lebah dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Dalam Tafsir Alquran Ibnu Katsir diterangkan bahwa madu lebah itu warnanya bermacam-macam sesuai dengan makanannya. Ada yang berwarna putih, kuning, maupun merah. Selain itu, menurut Ibnu Katsir, madu cocok bagi setiap orang, misalnya untuk mengobati dingin, karena madu itu panas.

Manfaat madu ini juga sudah dilakukan penelitian sejak zaman terdahulu oleh ilmuan muslim terkemuka, yaitu Ibnu Sina (bapak dokter islam). Menurut Ibnu Sina madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit baik dari penyakit ringan maupun penyakit berat, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, struke.
madu juga bisa mengatur skresi dalam tubuh sehingga bisa menurunkan suhu pada penyakit demam.
Selain itu madu juga bisa untuk perawatan kecantikan tubuh, bisa membuat kulit tubuh halus dan bebas dari jerawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar