Jumat, 21 Oktober 2016

Proses Lebah Menghasilkan Madu

Proses Lebah Menghasilkan Madu

Madu merupakan cairan manis yang dihasilkanoleh serangga tertentu khususnya lebah menggunakan nectar dari bunga atau bagian dari tanaman, yang diproses secara alami didalam sarangnya. Sedangkan nectar sendiri adalah cairan gula komplek dan air 80% yang dihasilkan bunga tanaman. Saat mencari nektar, lebah juga membantu penyerbukan bunga yang penting dalam rangkaian proses perkembangbiakan tanaman. Rasa manis yang dihasilkan oleh madu adalah diperoleh dari monosakarida, fruktosa dan glukosa.

bagaimanakah langkah lebah untuk membuat madu??..
Langkah pertama dalam pembuatan madu adalah pengumpulan nektar. Nektar yang diperoleh lebah pekerja dari bunga akan dibawa kembali ke sarangnya. Lebah yang mengumpulkan madu memiliki lidah menyerupai belalai yang disebut proboscis. Nektar disedot menggunakan proboscis dan masuk dalam perut lebah. Setelah nektar dikumpulkan, lebah kembali ke sarang dimana lebah pekerja lain (biasanya lebih muda) mengisap nektar dari perut lebah pekerja yang baru pulang menggunakan proboscis.

Lebah pekerja muda yang berada di sarang lantas mengubah nektar menjadi madu. Untuk mengubah nectar menjadi madu lebah melakukan beberapa hal, yaitu:
  • Lebah mengeluarkan enzim yang mengubah sukrosa (disakarida) menjadi glukosa dan fruktosa (monosakarida). Enzim invertase mengubah sebagian besar dari sukrosa menjadi 2 enam karbon gula, yaitu glukosa dan fruktosa. 
  • Madu mentah lantas disimpan di dalam sarang tempat madu. Pada tahap ini madu masih memiliki kandungan air tinggi. Untuk menjadi madu yang matang, lebah akan mengurangi kadar air yang terkandung didalamnya. Bagaimana cara lebah untuk mengurangi kadar air yang ada didalam madu? Kepakan sayap lebah dalam sarang merupakan salah satu metode lebah untuk menurunkan kadar air dalam madu mentah. Madu akan matang hingga kadar air mencapai 18%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar